Sekolah Kader Buruh: Berjuang Bersama, Belajar Bersama Ala SGBN

Sekolah Kader Buruh SGBN
Sekolah Kader Buruh SGBN
SGBN, 03/06/2014 - Sabtu siang itu, 25 Mei, cuaca cerah di balut sejuknya alam cilember puncak Bogor, buruh dari berbagai serikat buruh dari daerah yang berbeda : Jakarta, Bekasi, Tangerang, Indramayu bahkan Cirebon, berangsur berdatangan ke tempat di mana akan di laksanakannya rencana belajar bersama para pekerja, yang di sebut sebagai SEKOLAH KADER BURUH, di wisma yang sangat sederhana : Cilember, yang akan di langsungkan selama 2 hari, hingga Minggu, 26 Mei 2014. 

Prosedur pendidikan di langsungkan, mulai dari registrasi peserta, persiapan dan penyerapan bacaan, dan seterusnya sebelum di mulainya kelas SEKOLAH KADER BURUH berjalan. Para peserta, baik yang sudah relatif berumur hingga yang masih tergolong muda, bercampur, berkenalan satu sama lain. Dengan semangat belajar untuk berjuang, dan berjuang sambil belajar. Puluhan buruh peserta Sekolah Kader Buruh penuh semangat bersiap memulai Sekolahnya. Inisiatif dari SENTRAL GERAKAN BURUH NASIONAL ( SGBN ) ini di sambut antusias dari para buruh yang membutuhkan pengetahuan dalam perjuangannya. 

Sehingga semakin cerdas, maju Dengan harapan berbuah pada menguatnya daya juang di dalam berhadap– hadapan dengan penindasan di tempat - tempat kerjanya serta kuatnya organisasi. Kelas di buka, dengan muatan pelajaran seputar : Hukum Perburuhan Dan Analisa Kritisnya, di hantarkan oleh Kawan. Alang, pemateri yang berasal dari salah satu unsur Badan pekerja Nasional ( BPN ) SGBN, yang juga merupakan salah satu unsur pengurus DPP FEDERASI PROGRESIP, juga sebagai buruh pejuang, korban PHK yang masih terus berdiri tegak di barisan perjuangan, memfasilitasi kelas di sessi awal SKB ini. 

Dengan seksama para peserta mengikuti kelas yang di fasilitasi kawan. Alang,di susul dengan ruang kesempatan untuk berdiskusi di antara para peserta SKB. Setelah menyerapi hantaran materi, “ lalu, hukum yang ada disini selama ini, buat kepentingan para pemodal dong bung ?’, tanya seorang peserta kepada pemateri. Lalu fasiltator pun, melemparkan pertanyaan kepada peserta lain dan terus memfasilitasi diskusi yang dinamis di dalam kelas ini. Diskusi terus bergulir semakin hangat mengulas kisaran hukum yang selama ini di terapkan di barengi pertanyaan dan penyataaan kritisnya. 

Sekolah Kader Buruh ( SKB ) ialah suatu program pendidikan yang selenggarakan di serikat – serikat buruh yang ingin maju. Termasuk bagi SGBN ( Sentral Gerakan Buruh Nasional ). SKB merupakan salah satu program utama, selain program utama lainnya, dengan di terapkannya kurikulum atau modul SKB yang memuat hal – hal mendasar dan pokok yang perlu di pahami oleh kaum buruh, mulai dari : Hukum Perburuhan dan analisa kritisnya termasuk pemahaman dasar atas hak - hak buruh sesuai aturan yang berlaku, sejarah atas gerakan buruh itu sendiri, perspektif perjuangan, analisa, hingga bahkan filsafat perjuangan pun mulai di kenalkan dan di saji kan di dalam muatan SEKOLAH KADER BURUH. SKB ini terus bergulir, bergelombang di semua anggota dan pengurus - pengurus organisasi yang menjadi bagian di dalam SGBN, bahkan serikat buruh di luar SGBN pun sudah banyak yang mengenyam dan ikut serta dalam pelaksanaan Pendidikan ini, sebutlah teman - teman dari FSPIN dan banyak lagi organisasi lainnya di waktu - waktu pelaksanaan sebelumnya yang sudah mengenyam SKB. Karena merasa membutuhkan, dan modul SKB terbukti efektif menumbuhkan dan memperkuat kesadaran perjuangan bagi buruh. Sekolah Kader Buruh ini pun menerima peserta dari buruh – buruh manapun, dari tempat kerja di manapun, termasuk dari serikat buruh apapun. Bagi yang merasa perlu dan membutuhkan pengetahuan, penguatan dan ingin memajukan kesadarannya. Pendidikan dengan metode dan kurikulum SEKOLAH KADER BURUH terbuka dan bisa di gelar dimanapun di minta serta di perlukan. 

Hidup Buruh Yang Mau Belajar dan Mau Maju... (Red: Proletar)
Sebarkan Artikel Ini :
Sebar di FB Sebar di Tweet Sebar di GPlus

Tentang Unknown

Website ini tentang persatuan dan konsolidasi Perjuangan Buruh dari Serikat Buruh di tingkat basis, perusahaan maupun federasi lokal serta nasional untuk menuntaskan tugas sejarah perjuangan buruh Indonesia. Berjayalah Kaum Buruh Indonesia!
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Disclaimer : Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Redaksi SGBN. Kami berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan.
Untuk saran, koreksi dan hak jawab, atau pengiriman press rilis, silahkan mengirimkan email ke sgbnweblog@gmail.com